Nasi Hainan Adalah masakan TIONGHOA , tersedia di Warung 52 Yogyakarta


NASI HAINAN ITU APA ?

Nasi ayam Hainan (Hanzi: 文昌雞, hanyu pinyin: Wénchāng jī) merupakan masakan Tionghoa yang sering dikaitkan dengan masakan Malaysia atau Singapura, dan juga ditemui di negara tetangga Thailand, serta juga di wilayah Hainan, China. Nasi ayam Hainan yang dinamakan demikian karena berasal dari tradisi seni memasak Hainan dan penerapannya oleh populasi orang Tionghoa perantauan suku Hainan dalam kawasan Nanyang, versi makanan ini yang didapati di Malaysia dan Singapura menggabungkan unsur-unsur masakan Hainan dan Kanton ditambah lagi dengan citarasa masakan di Asia Tenggara.

Penyajian Nasi Hainan

Daging ayam disediakan melalui cara tradisional Hainan yaitu merebus seluruh ayam dalam kaldu tulang ayam atau babi, menggunakan air rebusan sebanyaknya dan hanya menambahkan dengan air jika perlu, segalanya menurut citarasa orang Cina terhadap "kaldu asli". Kaldu ini tidak digunakan untuk penyediaan nasi, yang sebaliknya melibatkan kaldu ayam yang dihasilkan khususnya untuk tujuan tersebut, maka hasilnya nasi yang berminyak dan berperisa yang kadang-kadang diberi nama "nasi minyak". Setengah tukang masak membumbui santan kelapa ke dalam nasi, meniru gaya penyediaan nasi lemak.

Orang Hainan lebih gemar ayam yang matang dan gempal agar jumlah minyak yang disarikan semakin banyak, maka hasilnya adalah sajian yang lebih kuat rasanya. Lama-kelamaan, sajian ini mulai menerapkan unsur-unsur gaya masakan Kanton, seperti menggunakan ayam yang lebih muda untuk daging yang lebih lembut. Dalam satu variasi yang lain, ayam dicelup dalam es setelah dimasak untuk menghasilkan kulit selicin agar-agar, yaitu Báijī (白鸡) atau "ayam putih", dibanding dengan Lǔjī (|卤鸡, "ayam inti") yang lebih tradisional, juga dikenali sebagai Shāojī (烧鸡) atau "ayam panggang". Di Singapura, di mana arus permoderenan menyukarkan pengawetan kaldu dalam jangka waktu panjang, daging dimasak melalui perebusan dalam air berperisa bawang putih dan jahe, kemudian kaldu yang dihasilkan digunakan dalam menyajikan nasi dan juga dalam sup yang mengiringinya.

Sajian ini sering dihidangkan beserta saus dan bumbu, termasuk saus cabai dan serbuk jahe. Di Hainan juga sering dihidangkan saus ketiga yang berbumbu saus tiram bercampur dengan bawang putih, sedangkan kecap pekat lebih disukai di Singapura. Versi Singapura bagi cabai lebih pedas, mencerminkan pengaruh Asia Tenggara, dan boleh juga melibatkan campuran cabai dengan bawang putih. Kebanyakan hidangan nasi ayam ini disajikan dengan irisan timun, yaitu mencerminkan citarasa orang Cina yang gemar kekayaan sajian yang lebih lengkap.

(sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Nasi_ayam_Hainan)

Komposisi Nasi Hainan Komplit ( Lauk Nasi Hainan ) di Warung 52 JOGJA :
Nasi Hainan ( tanpa Ayam ) tapi disajikan bersama Babi Panggang Asin, Babi Panggang Manis( char siu), Sate Babi, Telor Kecap, Hekeng Pontianak, Lapchiong ( Sosis Babi ) serta kuah sayur asin baikut.

Komposisi Nasi Campur Komplit di Warung 52 JOGJA :
Nasi Putih yang disajikan bersama Babi Panggang Asin, Babi Panggang Manis( char siu), Sate Babi, Telor Kecap, Hekeng Pontianak, Lapchiong ( Sosis Babi ) serta kuah sayur asin baikut.


nasi hainan, nasi hainan singapore, nasi hainan jtt, nasi hainan rice cooker, nasi hainan adalah, nasi hainan jogja, nasi hainan semarang, nasi campur hainan, nasi hainan di jogja, nasi hainan di yogyakarta, nasi hainam enak, harga nasi hainam, nasi hainan komplit, nasi kari hainan, kuah nasi hainan, lauk nasi hainan, pelengkap nasi hainam, nasi tim hainan, nasi hainam yogyakarta, nasi hainan yogya, nasi hainam di yogyakarta, nasi campur hainan, nasi campur hainam, nasi hainan berasal dari, bumbu nasi hainan, Nasi Hainan itu apa, nasi haianan just try and taste, komposisi nasi hainan, nasi hainan surabaya, nasi hainam singapore, nasi haianan terbuat dari, nasi hainan wikipedia, nasi hainan youtube, nasi hainam di yogyakarta, nasi haianan resep
Nasi Hainan Komplit 52 disajikan dengan kuah spesial yang Gurih
HARGA NASI CAMPUR HAINAN KOMPLIT DI WARUNG 52 JOGJA : Rp 40.000,-
HARGA NASI CAMPUR KOMPLIT ( NASI PUTIH BIASA) : Rp. 38.000,-



Paket Nasi Siobak+charsiu+titee : Rp 25.000,-



Online, Delivery, Dine In, Take Away


Hubungi Warung 52 :

Buka hari Selasa - Minggu Jam 12.00 - 21.00
Setiap Senin Libur



Menu Warung 52 Jogja :

====================================

Bagikan ke :

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^
===============================

follow WARUNG52 on :

#FEELFREEtoADD to
Skype, Kakao, Tumblr, FB Chat, Waze, Foursquare, VK

#nasihainan #nasihainam #nasihainanjogja #nasihainankomplit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar